[TIPS] - 4 Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat video komedi


Banyak banget video-video komedi yang gak jelas letak punchlinenya dimana dan letak penetrasi atau pickup linenya dimana. Terkadang tata aturan itu harus diikuti kalau pengen dapet video komedi yang tertata, menarik, dan tentunya lucu.
Nah, kali ini gue bakal ngasih empat wejangan buat kalian yang pengen bikin video komedi, tapi bingung mau mulai dari mana. 
Check it out!:

1.     Bikin Story-nya dulu

Tahap ini tahap yang paling penting dalam sebuah video komedi. Di tahap nentuin story atau alur cerita, kalian bebas mengekspresikan ide-ide kalian. Jadi mau kayak bagaimana jalan ceritanya, lokasi pengambilan, apa aja yang diperluin dan lain sebagainya.

2.     Buat intro dan punchlinenya

Setelah menentukan story, ya namanya video komedi pasti cari pasti ada unsur intro (pengantar) dan punchline (titik kocaknya). Untuk di tahap ini kalian perlu memutar otak kalian bener-bener 180 derajat, boleh sih 181 derajat juga. Eh.
Buat intro dan punchline yang familiar dan nyambung. Dan usahakan punchlinenya gampang dimengerti sama para penonton nanti. Jadi, intinya jangan bikin punchline yang ribet dan susah di mengerti karena itu mengurangi kelucuan suatu video.
Okey, next.

3.     Kasih spesial efek



Kalau udah bikin story terus bikin intro dan punchline tinggal shoot deh. Setelah shooting, usahakan kasih efek-efek di dalam video tersebut dengan spesial efek, Gue saranin efeknya ‘agak dilebih-lebihin dikit’. Kenapa ‘agak dilebih-lebihin dikit’? karena kalau kebanyakan gak baik.
Bukan, bukan gitu. Karena kalau terlalu banyak efek-efek di video, jadi pusing nontonnya terkesan norak dan tentunya nilai kelucuan suatu videonya akan turun. Ohya, ngasih efeknya juga harus nyambung ya sama tema videonya.
The last.

4.     Share ke sosmed

Udah kelar edit-editnya, udah di save di komputer atau laptop. Share time! Jangan lupa buat ngeshare videonya ke social media. Kenapa? Percuma aja kalian bikin video lucu-lucu bikin ngakak guling-guling tapi gak ada yang nonton. Misalnya di upload ke instagram, vine, atau youtube.
Kalau masih aja dikit yang nonton, gue saranin kalian gandeng atau ngefeat bareng akun-akun yang udah besar dan fungsinya buat nampung video-video genre komedi gitu. Misalnya@indovidgram buat upload di instagram atau @vineindonesia buat upload di vine.

Oke, gimana?

Udah ngerti kan?

Kalau udah tau dan udah ngerti gini, langsung aja kalian praktekin dan bikin videonya. Dan jangan lupa, share ke temen-temen kalian ya tips-tips ini.

Ohya, ada tambahan dari mbak Funy:


Sebenernya, sebelum masuk ke story, ada yang nggak kalah penting yaitu PREMIS. Yap, ngebuat premis dalam satu kalimat yang jelas, jadi story-nya langsung punya batasan. Selain itu, menciptakan karakter. Nggak bisa dipungkiri, saat bikin video komedi, tiap personal bikin karakternya. Apalagi kalo punya circle dalam bikin video. Masing-masing udah ada bagiannya. Ya lo bisa liat kan, Kevin, Louis, dan Edho? Masing-masing punya peran yang nguatin story-nya sendiri.
Previous
Next Post »

15 comments

Write comments
Muhammad Afif
AUTHOR
3 June 2015 at 09:25 delete

Youtubers Indonesia banyak juga yang kreatif broh kalo bikin video komedi, sebut saja Edho Zell, Kevin Anggara, Bena, dll

Ngasih spesial effect itu sangat perlu! :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5 June 2015 at 09:32 delete

wah penting nih..

Reply
avatar
nggakeren
AUTHOR
5 June 2015 at 10:19 delete

Catet! Catet! Hehehe...

Reply
avatar
Bagaimakna
AUTHOR
5 June 2015 at 14:17 delete

Sebenernya, sebelum masuk ke story, ada yang nggak kalah penting yaitu PREMIS. Yap, ngebuat premis dalam satu kalimat yang jelas, jadi story-nya langsung punya batasan. Selain itu, menciptakan karakter. Nggak bisa dipungkiri, saat bikin video komedi, tiap personal bikin karakternya. Apalagi kalo punya circle dalam bikin video. Masing-masing udah ada bagiannya. Ya lo bisa liat kan, Kevin, Louis, dan Edho? Masing-masing punya peran yang nguatin story-nya sendiri. :D

Reply
avatar
nggakeren
AUTHOR
5 June 2015 at 16:06 delete

Wah, bermanfaat banget. Ijin nyomot ya mbak. :)

Reply
avatar
Nugraha Fauzi
AUTHOR
5 June 2015 at 21:51 delete

Kalo Gue boleh ngasih pendapat, yang terpenting dari itu semua yaitu : Karaktek atau yg Gue sebut dengan Unique Selling. Liat aja tuh macem PewDiePie, NigaHiga, nyampe TheDiamondMinecraft, mereka punya style2 unique sendiri2. Kalo indonya kayak BayuSkak, Ko Kevin, EdhoZell juga mereka punya karakter masing2. So, show off itu yg paling penting. hehe

Reply
avatar
nggakeren
AUTHOR
5 June 2015 at 22:25 delete

*noted*. Thanks bang!

Reply
avatar
adittyaregas
AUTHOR
6 June 2015 at 00:00 delete

untuk yg story board itu penting banget asli, susah kalau kita bikin video apa aja tanpa ada story board kalau cuman ngandelin improf gak bakalan maksimal hasilnya

Reply
avatar
nggakeren
AUTHOR
6 June 2015 at 07:46 delete

Tumben gak typo bang adit? :P

Reply
avatar
rahadjars
AUTHOR
6 June 2015 at 20:47 delete

boleh nih tips2nya
kali aja nanti ada tugas bikin video, tinggal praktekin ini tips deh :D

Reply
avatar
nggakeren
AUTHOR
6 June 2015 at 21:30 delete

Silahkan sob. hehe.

Reply
avatar
Ananda
AUTHOR
7 June 2015 at 08:38 delete

Bermanfaat nih. Keren. Btw, kunjungin balik ya.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
21 June 2015 at 15:20 delete

jayus lu ah taai

Reply
avatar

Terimakasih udah ngebaca artikelnya, Minta komen yang sopan ya sob! -@nggakeren ConversionConversion EmoticonEmoticon